Kategori
Uncategorized

Teknologi di Film Star Wars Ternyata Ada di Dunia Nyata

Teknologi di Film Star Wars Ternyata Ada di Dunia Nyata,Yang pernah menonton Star Wars atau fanatik dengan filmnya, pasti tahu kalau teknologi Star Wars itu sangat keren dan hampir mustahil untuk diwujudkan, tetapi kemustahilan itu memang hanya ada di film, kan.

SUMBER BY ilessociety.org

SUPPORT BY AGEN CLUB38

Namun, beberapa ilmuwan dan insinyur tidak puas dan tak membiarkan hal itu hanya terjadi di dalam film saja. Mereka bekerja untuk menciptakan teknologi yang kita lihat dalam film Star Wars. Lalu apa saja ya itu?

1. Lightsaber

Intip Proto-lightsaber 'Star Wars' Buatan YouTuber James Hobson |  urbanasia.com

Menyaksikan pertarungan epik menggunakan senjata lightsaber di film Star Wars itu sangat menarik ya, tetapi banyak orang tahu kalau pedang yang terbuat dari cahaya itu tidak bisa digunakan (kecuali di dalam film). Cahaya foton tidak bisa berhenti di udara atau berinteraksi dengan foton lain untuk membuat objek. Tapi pernyataan itu tidak benar.

Dilansir dari Phys.org, para peneliti di MIT dan Harvard menemukan cara untuk membuat cahaya seperti lightsaber, yang disebut materi fotonik. Ilmu di balik materi fotonik ini cukup rumit dan kompleks. Pada dasarnya, foton tidak memiliki massa, sehingga ia tidak dapat berinteraksi satu sama lain seperti halnya elektron dan proton. Menurut Extreme Tech, kecuali jika seseorang menembaknya melalui gas rubidium yang sangat dingin. 

Ketika foton memasuki gas itu, maka ia akan melambat, dan kehilangan energi saat memantulkan atom rubidium. Jika foton lain memasuki gas, ia menempatkan lebih banyak energi ke dalam sistem, mendorong atom asli melalui gas, jadi secara teknis berinteraksi seperti memiliki massa.

Materi fotonik bukan saja eksperimen sains yang menakjubkan – tapi ia memiliki implikasi dalam kehidupan nyata. Karena cahaya bertindak seperti molekul, ia dapat dibentuk menjad apa pun yang dinginkan para ilmuwan. Peneliti Mikhail Lukin telah mengusulkan membuat kristal dari cahaya murni, dan begitulah lightsaber diciptakan.

2. Laser berbasis kapal

9 Teknologi di Film Star Wars Ternyata Ada di Dunia Nyata

Salah satu bagian paling keren dari Star Wars adalah pertempuran antariksanya, dengan Millennium Falcon dan kapal-kapal besar yang saling membombardir dengan senjata laser dan torpedo. Faktanya, Angkatan Laut Amerika Serikat sudah menempatkan senjata laser d kapal mereka yang bernama “Laser Weapon System” (LaWS), Angkatan Laut telah menguji senjata baru ini selama bertahun-tahun.

Untuk saat ini, senjata itu tidak drancang untuk pertempuran, melainkan untuk pertahanan. LaWS dapat mencegat rudal kapal atau drone musuh memasuki wilayah mereka, dengan memanaskan eksterior mereka dengan sinar laser sampai meledak.

LaWS juga mampu melumpuhkan kapal kecil yang melanggar hukum d perairan Amerika. Dlaporkan Guardan, ini bukan saja beberapa tes penelitian – LaWS bahkan sudah menyebar ke Timur Tengah pada tahun 2014.

Menurut Defense System, tidak mau kalah dengan Angkatan Laut Amerika yang mewujudkan senjata fiksi ilmiah, cabang-cabang lain dari militer Amerika Serikat juga telah menguji senjata laser mereka.

Angkatan Darat memiliki laser yang dpasang pada truknya, sementara Angkatan Udara telah menguji laser pulsa, yang mampu menembakkan semburan kecil energi laser. Tapi tentunya senjata leser ini tidak terlihat mengeluarkan warna seperti d film.

3. Pesawat tanpa awak

PTDI Rilis Pesawat Tanpa Awak PUNA MALE, Ini Kehebatannya

D prequels Star Wars, pasukan besar robot CGI beraksi, mulai dari prajurit hingga pesawat ruang angkasa. Militer d dunia memang belum membuat pasukan robot berskala besar, tetapi mereka menggunakan kendaraan udara tak berawak untuk melakukan misi yang terlalu berbahaya bagi pilot manusia.

UAV seperti drone Predator masih membutuhkan operator manusia untuk menerbangkannya, tetapi Northrop Grumman ingin mengubahnya melalui eksperimen X-47B, pesawat tempur robot otonom.

Pesawat ini mirip seperti versi miniatur dari bomber siluman B-2 ikonik Grumman, X-47B melakukan operasi Angkatan Laut. Sistem canggihnya dapat menyelesaikan misi yang sama dengan yang dlakukan pesawat tempur berawak Angkatan Laut, tetapi tanpa membahayakan pilot manusia.

Tapi X-47B bukan saja pesawat rudal. Tidak seperti drone lain, pesawat itu sangat pintar, mampu menerbangkan misi sendri tanpa manusia yang mengawasinya. Menurut Popular Science, X-47B telah menyelesaikan sejumlah prestasi yang danggap mustahil untuk dlakukan oleh robot.

Mendarat d atas kapal induk yang bergoyang-goyang d lautan, sambil terbang dengan kecepatan tinggi, cukup sulit bagi seorang pilot manusia, tetapi sekarang robot dapat melakukannya juga. Untuk saat ini, X-47B hanyalah sebuah demonstran teknologi, tetapi ia sudah membuktikan bahwa robot otonom mampu melakukan hal yang mustahil.

Teknologi di Film Star Wars Ternyata Ada di Dunia Nyata,Tanpa dsadari, dunia ternyata sudah secanggih itu ya. Bahkan Star Wars yang selama ini hanyalah tontonan favorit untuk beberapa orang, teknologi dalam Star Wars sudah ada d dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *