Kategori
Uncategorized

Kiat Mendulang Uang dari Blogging

Kiat Mendulang Uang dari Blogging,Kiat Mendulang Uang dari Blogging,Pada mulanya, blogging hanya diidentikkan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi. Namun, kini penulis blog pun dapat memiliki penghasilan tetap dari kegiatan tersebut. Michelle Schroeder-Gardner, misalnya, berhasil mengantongi $1.500.000 pada tahun 2018 dari blognya. yang telah kita rangkum dalam gilessociety

yang disupport oleh Daftar IDN Poker

Akan tetapi, banyak yang tidak tahu bagaimana blog dapat menghasilkan uang. Jika Anda termasuk salah satunya, ikutilah artikel ini untuk mengenal berbagai cara monetisasi blog.

Perlu diketahui bahwa platform website yang digunakan pada artikel ini adalah WordPress. Penerapan cara-cara yang akan dibahas bisa berbeda pada platform lainnya.

ara Monetisasi Blog

Di bawah ini Anda akan mempelajari 11 cara monetisasi blog yang paling banyak diterapkan oleh para blogger , yaitu:

  1. Menggunakan Google AdSense
  2. Menjual produk fisik
  3. Menjual produk digital
  4. Membuat ebook
  5. Afiliasi
  6. Membuat fitur membership
  7. Menjadi freelance writer
  8. Menawarkan kursus online
  9. Menerbitkan podcast
  10. Menawarkan konsultasi
  11. Sponsored post

Perlu diingat bahwa semua cara ini tidak perlu dilakukan secara bersamaan. Artikel ini akan membantu Anda untuk menentukan mana yang tepat.

1. Menggunakan Google AdSense

cara monetisasi blog adsense

AdSense adalah platform periklanan yang dijalankan oleh Google. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat meletakkan banner iklan pada berbagai titik di blog.

Setiap kali pengunjung klik iklan yang telah disematkan pada halaman-halaman blog, Anda akan dibayar. Bayarannya pun berbeda-beda tergantung negara serta pihak yang menerbitkan iklannya. Bayaran yang ditawarkan AdSense di Indonesia berkisar antara $0,01 hingga $5.

Sebelum bisa menggunakan AdSense, Anda harus membuat akun dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Proses pengaktifan ini biasanya berlangsung selama beberapa saat karena Google harus menyetujui akun Anda..

Jika akun sudah aktif, Anda bisa mulai membuat format iklan yang ingin ditampilkan. Dalam tahap ini, Anda akan menentukan bentuk serta ukurannya. Di samping itu, desain tulisannya pun dapat diatur.

Setiap iklan yang dibuat memiliki baris kode yang nantinya digunakan untuk memunculkan iklan di blog. Anda dapat memasukkan kode ini secara manual di code editor WordPress atau dengan plugin seperti Easy Google AdSense.

Untuk panduan Google AdSense lengkap, Anda bisa membaca artikel ini

2. Menjual Produk Fisik

Sebagai seorang pemilik blog, Anda tentunya berfokus pada pembuatan konten. Akan tetapi, tahukah Anda jika konten tersebut bisa digunakan untuk memasarkan suatu produk?

Ketika sebuah blog telah memiliki banyak pembaca setia, Anda memiliki kesempatan untuk menjual produk yang berkaitan dengan tema atau niche-nya.

Salah satu contohnya adalah The Oatmeal, blog milik Matt Inman yang berisikan komik-komik buatannya. Dengan ilustrasi-ilustrasi kocaknya, Matt berhasil mendapatkan lima juta pengunjung tiap bulannya setelah tahun pertama.

Awalnya, Matt mendapatkan uang dari blognya melalui donasi. Namun, kini Ia dapat menghasilkan hingga $500.000 per tahun, di mana 75% dari jumlah tersebut didapat dari menjual merchandise. Produk yang Ia jual termasuk kaos, puzzle, dan buku yang terkait dengan komik-komik buatannya.

Apabila Anda bisa mendapatkan sekian banyak traffic secara konstan, tidak ada salahnya jika ingin mencoba cara yang dilakukan Matt. Apalagi hosting WordPress di Niagahoster menawarkan cara mudah untuk membuka lapak sederhana di dalam blog Anda.

Sebagai contoh, pengguna WordPress dapat memakai WooCommerce, plugin ecommerce terpopuler pada platform ini. Untuk mempelajari plugin ini, Anda dapat membaca tutorial lengkap WooCommerce.

3. Menjual Produk Digital

Produk yang Anda jual di dalam blog tentunya harus sesuai dengan kebutuhan pembaca. Oleh karena itu, teknik monetisasi blog di atas juga dapat dilakukan dengan karya digital, seperti software komputer, audiobook, atau bahkan tema dan plugin WordPress.

The Luxe Lens adalah salah satu contoh blog yang menerapkan cara monetisasi blog tersebut. Di dalam blog ini, pembaca diajak mempelajari berbagai tips dan trik Adobe Photoshop dan Lightroom, dua software terkenal yang digunakan untuk memproses gambar.

Di samping itu, The Luxe Lens juga menawarkan berbagai preset Lightroom dan Photoshop yang dapat membuat foto terlihat lebih bagus secara instan.

Jika memungkinkan untuk diterapkan dalam blog Anda, menjual produk digital dapat menghasilkan penghasilan yang besar.

Dengan WordPress, tentunya, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Easy Dgital Downloads adalah salah satu plugin untuk melakukan tugas ini.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur produk yang djual tanpa harus memahami codng. Selain itu, Anda dapat menentukan sistem pembayaran yang akan dgunakan oleh pembeli, termasuk PayPal, Stripe, dan Authorize.net.

Easy Dgital Downloads juga menawarkan add-on berbayar untuk menambahkan fitur lapak, contohnya sistem pembayaran berulang dan review produk.

4. Menjual Ebook

contoh ebook caa monetisasi blog
Contoh Ebook Niagahoster

Jangan tuangkan semua keahlian atau pengetahuan Anda dalam setiap blog post yang ada. Mengapa? Karena Anda dapat menuangkannya dalam beberapa ebook dan menjualnya.

Bahkan, Anda tidak perlu memiliki banyak pengunjung untuk memulai cara ini. Contoh kasus yang dapat mengilustrasikannya adalah David Oudette, seorang dgital marketer.

David menggunakan blognya untuk melayani perusahaan-perusahaan baru yang membutuhkan konsultan pemasaran dgital. Meskipun ia mendapatkan pelanggan dari bisnis ini, blognya tidak begitu ramai.

Namun, ketika David menerima tawaran untuk mengepalai bagian marketing dan sales sebuah perusahaan temannya, ia tidak ingin usaha blognya sia-sia.

Oleh karena itu, David menulis dan menerbitkan The Landng Page CookBook, sebuah ebook panduan yang mewakili bisnis konsultasi terdahulunya. Secara mengejutkan, keputusan ini berakhir pada penghasilan sebesar $13.000 pada dua bulan pertama.

Jalan yang dlalui David untuk menciptakan buku ini tentunya tidak mudah. Langkah yang ia ambil meliputi konsultasi gratis kepada para pengikut blognya dan menjawab pertanyaan d Quora sembari mempromosikan karya tulisnya.

Bagaimana? Apakah kisah David menginspirasi Anda untuk melakukan aksi serupa? Jika ya, Anda bisa menggunakan platform Gumroad, seperti yang dlakukan David, untuk menjual ebook. Selain platform tersebut, Easy Dgital Downloads juga bisa dpakai untuk hal ini.

5. Afiliasi

Marketing afiliasi adalah salah satu metode pemasaran online yang makin digemari oleh banyak orang karena mudah dan dapat mendatangkan banyak uang.

Ini bisa menjadi cara monetisasi blog yang efektif.

Penerapannya pun tidak susah jika Anda sudah memiliki blog. Intinya, Anda akan mempromosikan produk orang lain dengan referral link yang letakkan pada post blog. Setiap kali seseorang membelinya melalui link afiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan komisi dari si penjual.

Oleh karena itu, ada tiga pihak yang terlibat dalam marketing afiliasi, yaitu penjual, Anda (sebagai pihak yang mempromosikan), dan program afiliasi.

Menemukan program afiliasi pun sangatlah mudah. Ada banyak perusahaan yang menyeiakan program ini, termasuk Amazon dan Rakuten. Sedangkan di Indonesia, program afiliasi tawarkan oleh Tokopedia, Bukalapak, dan bahkan Niagahoster.

Program afiliasi Niagahoster memberikan komisi 70% dari setiap pembelian hosting melalui link referral. Menarik, bukan? Apa lagi komisi tersebut akan bayarkan dalam 30 hari.

Akan tetapi, keberhasilan metode afiliasi juga bergantung pada tema dan konten blog. Anda harus memilih program afiliasi yang produk-produknya berkaitan dengan hal tersebut. Jika tidak memahami produk yang dtawarkan, bagaimana Anda bisa mempromosikannya?

Untuk memahami lebih lanjut tentang cara monetisasi ini, Anda bisa membaca

panduan marketing afiliasi lengkap.

6. Membuat Fitur Membership

Apakah Anda familiar dengan layanan berbayar seperti Netflix dan Spotify? Jika ya, pastinya Anda tahu bahwa kedua website tersebut memiliki jutaan pengguna yang berlangganan konten mereka, baik bulanan atau tahunan.

Kiat Mendulang Uang dari Blogging

Anda pun bisa menyulap sebuah blog menjad website berlangganan, apalagi jika kontennya langka dan dbutuhkan oleh banyak orang.

Orchids Made Easy adalah salah satu contoh yang dapat mengilustrasikan ide  atas. Pemilik blog ini, Ryan Levesque adalah seorang ahli tanaman anggrek. Melalui blognya, ia memberikan tips merawat berbagai jenis flora ini secara gratis melalui email newsletter.

Namun, Ryan juga menjalankan sebuah klub berbayar,  mana ia memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang anggrek.

Klub yang namakan Green Thumb Club ini hanya mewajibkan anggotanya untuk membayar $9.95 per bulan. Akan tetapi, kini klub Ryan memiliki lebih dari 1.800 anggota. Bayangkan berapa jumlah penghasilan yang ia dapat dalam setahun.

Kiat Mendulang Uang dari Blogging

WordPress menawarkan berbagai macam plugin untuk membangun website membership. Salah satunya adalah S2member, yang bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar.

Dengan plugin tersebut, Anda mampu menentukan metode pembayaran dan konten apa saja yang hanya dapat diakses pengguna yang membayar.

7. Menjadi Freelance Writer

Mendapatkan uang dari blogging tidak harus melalui blog Anda sendri. Saat ini, ada banyak blog yang bersedia membayar orang untuk menulis konten.

Jumlah honor yang bisa dapat berikan berbeda-beda, tergantung jenis tulisan, perusahaan yang membutuhkan penulis, serta negara asal klien.

Untuk memulai, Anda dapat mencari blog dengan tema dan subjek yang Anda pahami. Misalnya saja, Anda bisa mengetikkan “blog wordpress” pada pencarian Google. Selanjutnya, Anda tinggal mencoba menghubungi pemilik blog tersebut.

Kiat Mendulang Uang dari Blogging,Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan blog untuk memasarkan jasa penulisan artikel blog, seperti yang lakukan Maddy Osman. Melalui blognya, The Blogsmith, penulis lepas ini menawarkan tenaga penulisan optimasi blog post untuk mesin pencarian mulai dari $0,35 per kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *