Kategori
Uncategorized

Cara Membunuh Tunggul Pohon

Cara Membunuh Tunggul Pohon,Jika ada tunggul pohon di halaman rumah yang menghasilkan tunas baru, Anda harus membunuhnya. Jika tidak, tunas akan terus tumbuh. Tunggul pohon yang setengah mati merupakan hambatan jelek yang tidak akan hilang dengan sendirinya. Anda bisa membunuh tunggul pohon menggunakan larutan garam atau dengan menghalanginya dari sinar matahari. Selanjutnya, tunggul pohon yang telah mati dapat dihilangkan dengan dibakar atau dipotong.

 

Menggunakan Garam Epsom atau Garam Batu

Gambar berjudul Kill a Tree Stump Step 1

Siapkan garam epsom atau garam batu.

Menggunakan garam epsom atau garam batu merupakan cara mudah dan murah untuk membunuh tunggul pohon. Jika menggunakan metode garam, membutuhkan waktu beberapa bulan sampai tunggul mati. Jadi, cara ini mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda perlu menghilangkan tunggul pohon dengan cepat.

  • Jangan gunakan garam meja biasa, yang berbahaya bagi tanah di sekitar tunggul. Gunakan garam epsom atau garam batu 100% tanpa bahan tambahan, untuk memastikan tanah di sekitar tunggul pohon tidak terganggu.
  • Untuk tunggul yang membandel, cobalah zat kimia pembunuh tunggul atau herbisida yang mengandung glifosat atau triklopir, daripada garam. Meskipun zat kimia herbisida dapat membunuh tunggul dengan lebih cepat, ingatlah bahwa zat kimia tersebut juga dapat membunuh akar-akar pohon atau semak di sekitar tunggul.

Lubangi tunggul pohon.

Buat lubang-lubang di seluruh permukaan tunggul, sehingga larutan garam dapat meresap. Lubang sebaiknya berukuran selebar sekitar 1-2,5 cm dan sedalam setidaknya 20 cm, atau 30,5 cm jika memiliki mata bor yang cukup panjang. Lubang yang cukup dalam akan memastikan larutan garam meresap ke akar-akar di bawah tunggul.[2]

  • Jika tidak punya mata bor sepanjang itu, gunakan kapak untuk memotong tunggul dan membuat goresan sedalam mungkin.
  • Jika mengerjakan tunggul pohon yang memiliki akar udara (aerial root), lubangi juga akar tersebut.

Isi lubang dengan garam dan tutup dengan lilin.

Tuang garam epsom atau garam batu ke dalam lubang sampai setinggi 3/4 lubang. Jangan lupa mengisi lubang pada akar udara juga. Sekarang, nyalakan lilin biasa tanpa aroma, dan teteskan lilin ke dalam lubang untuk menutupnya.

  • Penting untuk memastikan garam tetap pada tempatnya, alih-alih tersebar di halaman rumah, karena garam berlebih dapat merusak lapisan tanah atas dan akar tanaman lain.

Tutupi tunggul pohon.

Tutupi tunggul pohon dengan terpal plastik, kantong sampah plastik, atau benda tanpa pori lain. Tunggul akan lebih cepat mati jika tidak lagi mendapatkan sinar matahari dan hujan untuk menutrisi semua tunas yang muncul. Setelah 6 minggu sampai beberapa bulan, tunggul akan mati. Periksa sesekali untuk melihat kemajuan proses. Jika sudah mati, tunggul akan mulai hancur dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *