Kategori
NEWS

Bentuk Detasemen Pengawal Khusus, Prabowo Seleksi Prajurit TNI Terbaik

Bentuk Detasemen Pengawal Khusus, Prabowo Seleksi Prajurit TNI Terbaik

Di lansir dari gilessociety.org, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membentuk satuan pengawalan khusus yang terdiri dari prajurit terbaik TNI. Pasukan itu di beri nama Detasemen Pengawal Khusus atau Denwalsus.

Hal ini di ketahui dari akun media sosial ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah @rizki_irmansyah. Dalam video yang di unggah pada Jumat, 9 April 2021, Rizki menceritakan personel yang masuk di Denwalsus di latih dan di didik di Pusdiklat Batu Jajar Kopassus, Jawa Barat.

Di kutip dari IDN Poker APK, “Denwalsus ini bertugas untuk mengawal serta menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan untuk upacara penyambutan jajar kehormatan tamu-tamu negara,” tulis Rizki di akun media sosialnya.

Juru Bicara Menhan bidang Komunikasi Publik dan Antarhubungan Antarlembaga Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Denwalsus bukan hal baru. Personel ini sama dengan pasukan jajar kehormatan yang biasa di gunakan untuk menyambut para tamu militer dari negara-negara lain.

“Sejak lama sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang di tugaskan di Kemenhan RI,” ungkap Dahnil melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Minggu, 11 April 2021.

Lalu, mengapa Prabowo membutuhkan pasukan khusus itu?

1. Personel khusus dari TNI di butuhkan sebagai representasi bila ada tamu negara

Meski di sebut keberadaan Denwalsus sudah lama, tetapi Dahnil tak bersedia menjelaskan kapan tepatnya personel pengawalan khusus ini di bentuk. Ia mengatakan fungsi personel TNI ini untuk merepresentasikan kegagahan dan ketangguhan karena jadi ‘tampilan depan’ dalam upacara jajar kehormatan.

“Maka, mereka menjadi sosok personel militer negara kita untuk menyambut tamu-tamu militer atau Menhan dari negara lain yang sedang berkunjung ke Indonesia,” kata Dahnil.

Maka itu, kata Dahnil, personel Denwalsus menjadi perhatian khusus Prabowo. Sebab, mereka menjadi salah satu simbol wibawa sebagai negara dan bangsa ketika menyambut tamu-tamu kehormatan.

Sementara, Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan Marsekal Pertama Penny Rajendra mengatakan, personel Denwalsus untuk keperluan protokol.

“Iya, itu untuk di gunakan sebagai protokol,” ungkap politikus Partai Gerindra itu ketika di konfirmasi, hari ini.

2. Personel Denwalsus di pilih langsung oleh Prabowo

Menurut Rizki, pasukan Denwalsus di seleksi dan di pilih langsung oleh Prabowo. Tiap personel, kata dia, di bekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP, pola penyambutan tamu dalam serta luar negeri.

“Ada pula kemampuan lain yang tak bisa di sebutkan,” kata Rizki di akun media sosialnya.

Sedangkan, Dahnil menjelaskan, personel Denwalsus secara rutin di perbarui sehingga terlihat lebih segar. Namun, Prabowo minta di kirimkan dari Mabes TNI, prajurit dengan kemampuan fisik terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *