Categories
Recreation

Wisata Gunung Pancar Bogor

Wisata Gunung Pancar Bogor: Info Rute, Lokasi, Harga, dan Tipsnya

Wisata Gunung Pancar Bogor – Letaknya yang diapit oleh pegunungan, membuat Bogor memiliki hawa yang sejuk dan menyegarkan. Beragam destinasi wisata alam pun banyak ditemukan di kota hujan ini. Keindahan alam pegunungan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

Apalagi kalau kamu tinggal di perkotaan yang ramai, pergi ke alam bisa jadi jalan keluar untuk melepas penat. Nah, salah satu daftar idn poker asia wisata pegunungan yang cukup dekat dengan perkotaan adalah Gunung Pancar di Bogor. Suasana alamnya masih asri dan alami, hawanya pun sejuk, sehingga bikin betah.

Sebelum liburan ke Gunung Pancar, simak dahulu informasi mengenai lokasi, rute, harga tiket, dan tipsnya di bawah ini. Dijamin liburan jadi makin aman dan menyenangkan.

Rute menuju Gunung Pancar

Perjalanan menuju Gunung Pancar dari Bogor biasanya memakan waktu 35 menit saja. Dari Kebun Raya Bogor, masuklah ke Jalan Raya Pajajaran di Tegallega. Kemudian, ambil jalur menuju Jalan Tol Jagorawi.

Selanjutnya, keluarlah di pintu tol yang menuju Jalan MH. Thamrin. Ikuti jalan sampai masuk ke Jalan Siliwangi dan Jalan Bali Raya di Sumur Batu.

Jika sudah melewati Sentul Nirwana, segera belok ke kiri menuju Jalan Jungle Land yang nantinya akan dilanjutkan ke Jalan Gunung Pancar. Ikuti jalannya sampai masuk ke Jalan Cimandala di Karang Tengah, wisata Gunung Pancar berada di kanan jalan.

Tips yang bisa kamu terapkan

Supaya liburanmu makin menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Belum ada transportasi umum untuk ke Gunung Pancar, sehingga gunakan kendaraan pribadi saja.
  2. Kalau berencana mendaki, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang tepat. Jalurnya masih dipenuhi bebatuan.
  3. Bawalah peralatan bersepeda dengan lengkap, seperti helm dan alat safety lainnya.
  4. Gunakan pakaian yang cukup tebal, mengingat suhu di Gunung Pancar cukup dingin, apalagi saat malam hari.
  5. Jika kamu berkemah, persiapkan semua peralatannya dengan baik, seperti sleeping bag, tenda, senter, dan lainnya.

Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga tiket: hari biasa seharga Rp5.000 dan Rp10.000 saat akhir pekan

Ada apa saja sih di Gunung Pancar?

Selama berada di Gunung Pancar, dijamin kamu gak akan merasa bosan. Pasalnya, banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan bersama teman atau keluarga. Salah satu yang sedang hits adalah bersepeda.

Jalur menuju daerah pendakian di Gunung Pancar ini memang gak terlalu mulus, sehingga kamu butuh sepeda gunung. Selama perjalanan, kamu bakal ditemani pemandangan alam hijau yang menakjubkan.

Kalau lebih suka aktivitas yang santai, mampirlah ke hutan pinus dengan beragam spot foto estetiknya. Kamu juga bisa berkeliling sembari menunggangi kuda. Tarifnya cukup murah, hanya Rp20 ribu per jam.

Kapan lagi kamu bisa berfoto di hutan yang rindang dengan suasana menenangkan? Kalau beruntung, kamu bisa melihat banyak burung kutilang dan elang berterbangan di langit-langit hutan, lho.

Selanjutnya ada kegiatan yang sangat populer dilakukan saat berwisata di Gunung Pancar, yakni berendam di pemandian air panas. Harga tiketnya Rp10 ribuan.

Uniknya, air kolam tersebut benar-benar berasal dari pegunungan, sehingga tak akan pernah habis dan bakal selalu hangat. Banyak yang meyakini airnya bisa menghilangkan pegal dan membuat tubuh lebih segar.

Itulah informasi wisata lengkap liburan ke Gunung Pancar di Sentul, Bogor. Semoga bermanfaat dan kamu bisa berlibur dengan nyaman. Jangan lupa selalu kenakan masker dan patuhi protokol kesehatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *