Kategori
Recreation

Tempat Wisata di Banjarbaru yang Serba Murah Meriah

Tempat Wisata di Banjarbaru yang Serba Murah Meriah, Asyik Deh!

Tempat Wisata di Banjarbaru yang Serba Murah Meriah – Banjarbaru merupakan sebuah kota yang secara administratif menjadi bagian Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang terletak di sebelah tenggara Banjarmasin ini sebagian besar topografinya berupa dataran rendah, sungai, perbukitan serta pegunungan di daerah utara dan timur.

Banjarbaru merupakan Agen Live22 salah satu kota di Kalimantan Selatan yang tak punya pantai. Meski demikian, masih banyak wisata menarik lainnya yang ga kalah menawan dibandingkan pantai.

Penasaran di mana saja? Simak beberapa tempat wisata di Banjarbaru berikut ini, mulai dari perkebunan, danau, hingga museum yang menarik untuk dikunjungi.

Kebun Raya Banua

Kebun seluas 100 hektare ini dijadikan konservasi, penelitian, pendidikan, hingga tempat wisata. Saat memasuki kebun, kamu akan melihat beberapa zona, mulai dari tanaman obat, kayu, bunga, hingga buah-buahan.

Ada pula berbagai spot foto menarik, seperti Rumah Hobbit. Ada juga labirin untuk kamu yang suka bertualang. Seru banget, bukan?

Lokasi: Jalan Aneka Tambang, Desa Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 08.00-18.00 WITA

Harga: Rp20 ribu

Bekantan Park

Pengin liburan bareng keluarga? Mampirlah ke Bekantan Park yang menyediakan aneka wahana outbond, seperti flying fox dan jembatan tali. Ada pula aneka berbagai binatang, seperti kura-kura, beruang, dan biawak.

Ada pula berbagai patung bekantan yang menarik. Untuk kamu yang suka berfoto, disediakan berbagai spot, mulai dari patung alien, mumi, dan sebagainya.

Lokasi: Kelurahan Guntungmanggis, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 08.00-18.00 WITA

Harga: Rp15 ribu

Museum Lambung Mangkurat

Bangunan museum ini sudah berdiri sejak tahun 1907 yang diambil alih oleh Pemerintah Indonesia pada 1979. Bentuk bangunannya menyerupai rumah tradisional suku Banjar yang disebut Rumah Bubungan Tinggi.

Di dalamnya, kamu bisa melihat koleksi yang berkaitan dengan adat dan budaya suku Banjar. Ada pula koleksi dari Kesultanan Banjar, mulai dari perisai, payung, tombak, hingga mahkota.

Lokasi: Kelurahan Komet, Kecamatan Banjarbaru Utara, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 08.00-16.00 WITA

Harga: Rp10 ribu

Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park yang menawarkan wisata edukasi, cocok dikunjungi semua umur. Ada wisata petik buah, taman kelinci, kolam ikan, hingga kolam renang.

Gak hanya itu, kamu juga bisa naik ATV, sepeda udara, flying fox, jet sky, hingga jembatan goyang. Untuk wahananya, kamu harus membayar lagi seharga Rp15-30 ribu.

Lokasi: Jalan Taruna Bhakti, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 09.00-17.00 WITA

Harga: Rp25 ribu

Taman Van Der Pijl

Taman kota yang dipenuhi pepohonan rindang ini sering dijadikan destinasi wisata murah di Banjarbaru. Dilengkapi aneka fasilitas, seperti wahana permainan anak, warung, sepeda, mobil-mobilan, hingga becak mini.

Kamu bisa membawa tikar dan makanan sendiri. Liburan ala-ala yang murah dan menyenangkan.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

Danau Caramin

Danau Caramin merupakan danau buatan yang berada di atas bekas galian tambang. Lama-kelamaan air hujan yang jernih mengisi danau ini, sehingga menjadi penuh seperti saat ini.

Saat matahari terbenam, warna air danau berubah jadi oranye, seperti pantulan langit. Gak hanya menikmati sunset, kamu pun bisa berkeliling danau dengan perahu seharga Rp10 ribu.

Lokasi: Jalan Guntung Manggis, Desa Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 06.00-18.00 WITA

Harga: Rp1.000

Rumah Jomblo

Asal-usul nama jomblo berasal dari rumah ini sendirian di atas gundukan tanah merah yang cukup tinggi. Di sekitarnya, ada pemandangan perbukitan yang cukup menawan.

Rumahnya tampak terawat dengan pintu yang terbuka lebar. Pasalnya, memang tak ada yang bisa memasuki rumahnya. Kamu hanya bisa berfoto dari bawah, ya!

Lokasi: Jalan Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

Danau Galuh Cempaka

Tak jauh berbeda dengan Danau Caramin, Danau Galuh Cempaka pun sisa dari tambang yang terbengkelai. Akhirnya, muncullah genangan air dari dalam lubang yang berwarna kehijauan.

Dikelilingi pepohonan hijau membuat suasananya terasa lebih sejuk. Kamu bisa piknik bersama keluarga sembari menikmati semilir angin dan cantiknya danau.

Lokasi: Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp5.000

Hutan Pinus Mentaos

Pepohonan pinus yang rindang membuat udaranya terasa sejuk. Ternyata, pepohonan ini tak tumbuh secara alami, melainkan ditanam dengan sengaja selama ratusan tahun lamanya.

Gak hanya menikmati sejuknya pepohonan pinus, kamu pun bisa menyewa hammock atau tikar seharga Rp10 ribu. Bersantai di sini terasa betah dan enggan pulang, deh.

Lokasi: Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 08.00-17.00 WITA

Harga: Rp20 ribu

Kampung Pelangi Banjarbaru

Kalau Malang punya kampung warna-warni, Banjarbaru punya Kampung Pelangi. Cantiknya desa kumuh yang disulap jadi warna-warni ini bisa dijadikan spot foto estetik.

Kini, dilengkapi dengan taman baca, taman anak, menara pandang, bantaran Sungai Kemuning, hingga area WiFi. Asyik banget kalau piknik sederhana dan murah meriah di sini.

Lokasi: Jalan Kemuning Ujung, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp20 ribu

Itulah beberapa tempat wisata di Banjabaru yang bisa jadi inspirasi liburanmu. Tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu kenakan maskermu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *